Tutorial Wordpress : Pengaturan (Setting) Dasar Pada Wordpress


Konfigurasi Pengaturan (Setting ) Pada WordPress Setelah anda menginstall wordpress, selanjutnya ada beberapa konfigurasi pengaturan yang harus kita rubah sebelum website kita diluncurkan. Tujuannya agar website kita terlihat menarik. Untuk anda yang terbiasa dengan wordpress pasti sudah tidak asing dengan pengaturan ini, namun apa salahnya saya membuat artikel seperti ini,semoga bisa jadi pembelajaran bagi pemula yang mungkin masih kurang paham dengan konfgugasi wordpress. 

Setelah pada artikel sebelumnya membahas Tutorial Panduan Cara Install WordPress,pada kesempatan ini saya akan membahas tentang pengaturan apa saja yang disediakan oleh WordPress, dan apa fungsinya. Sebelumnya anda perlu masuk ke halaman admin wordpres website anda terlebih dulu dengan mengatikan namadomainanda.com/wp-admin di web browser. Berikut ini adalah langkah-langkah pengaturan dasar pada wordpress:
.

Pengaturan Umum (General Setting) 

Pada tahap ini anda bisa mengatur beberapa informasi tentang website anda seperti Judul, Slogan atau Deskripsi, serta Tagline, anda bisa merubah email yang digunakan untuk keperluan administrator. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini, anda dapat mengatur zona waktu Anda dan Anda dapat mengubah bahasa situs anda. 


Pengaturan Penulisan (Writing Settings) 

Jika anda tidak akan menampilkan emoticon seperti grafis, anda bisa menghapus tanda ceklisnya. Seperti terlihat Gamabar dibawah ini, Dalam Kategori Post Standart secara Default Uncategorized. Kategori ini tidak bisa dihapus sampai anda membuat kategori lain. Pada pengaturan Penulisan ini sebenarnya kita bisa membiarkan pengaturan secara default saja, hanya ada beberapa yang harus kita tambahkan seperti bagian Ping, Ping adalah sebuah metode notifikasi kepada search engines bahwa blog atau website telah terupdate.Anda bisa mencari beberapa link url untuk ping dan bisa menambahkannya ke dalam kolom bagian ping tersebut. 
Jika ingin posting melalui email, Anda bisa mengonfigurasi opsi itu di sini. Isi sesuai contoh pada gambar dibawah ini. 

Pengaturan Membaca (Reading Setting) 

Pada pengaturan ini Anda memiliki pilihan untuk mengubah halaman utama (Homepage) Anda untuk menampilkan posting terakhir. Di halaman utama blogg umumnya ada 5 post yang ada pada satu halaman, namun anda nya mengubah jumlahnya sesuai keinginan sendiri. Anda Juga bisa merubah homepage dengan halaman statis yang telah Anda buat. 
Pada bagian “For each article in a feed, show” ganti dari Full text menjadi Summary (kecuali kalau anda tahu dan memang ingin memunculkan full text). 
Pada pilihan terakhir tidak usah merubahnya, kecuali jika anda tidak ingin mesin pencari mengindeks website anda maka anda dapat memilih ceklis pada pilihan tersebut. 

Pengaturan Diskusi (Discussion Settings) 

Di WordPress umunya komentar akan menunggu persetujuan anda dulu sebelum diterbitkan. Tapi jika ada seseorang yang sudah pernah anda approve dan mengirim komentar lagi, komentar ini akan langsung muncul tanpa persetujuan dari anda.Hal ini akan menjadi celah untuk para Spammer, untuk itu anda perlu merubahnya. 
Untuk mengubahnya anda bisa melakukannya pada bagian “ Before a comment appears” hilangkan centang pada “ Comment author must have a previously approved comment”, dan centang yang di atasnya seperti terlihat pada gambar dibawah ini. 

Pengaturan Media (Media Settings) 

Pada pengaturan Media ini, anda bisa membiarkan default atau anda settings sesuai keinginan anda. Pada intinya disini anda bisa mengatur size, mengcrop media dengan ukuran yang telah anda tentukan atau membiarkannya original dan menyimpannya kedalam folder dalam bulan dan tahun atau membiarkannya berceceran. 

Settings Permalinks (Permalink Settings) 

Pengaturan permalinks ini sangat penting, terutama bagi anda yang ingin menjadikan website anda SEO Friendly. Secara default setiap kita membuat postingan baru, maka yang akan tampil pada address bar alamatnya akan seperti contoh berikut ini: 
http://namadomain.com/?p=123 
terlihat ini tidak bagus, karena kita tidak tahu isi dari postingan tersebut seperti apa. Anda bisa merubahnya dengan beberapa pilihan yang tersedia seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Namun dari beberapa pilihan tersebut sebaiknya memilih Post name.


Sampai pada tahap ini kita telah berhasil melakukan konfigurasi dasar pada wordpress. Sekian dulu pembahasan dari saya mengenai Pengaturan Dasar pada Wordpres, semoga bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Wordpress : Pengaturan (Setting) Dasar Pada Wordpress"

Post a Comment