Panduan Cara Install WordPress di Hosting cPanel

Seperti kita ketahui, Wordpress dikenal sebagai platfrom blog yang sangat populer, dan salah satu Content Management System (CMS) yang paling banyak digunakan oleh pengguna blogger dan website.
Sifatnya yang open source membuat WordPress memiliki banyak komunitas dan dukungan. Cara Penggunaannya yang sangat mudah membuat wordpress dapat digunakan oleh orang yang kurang memahami pemrograman sekalipun. Karenanya wordpress menjadi software paling mudah untuk membuat website atau blog yang kuat.
Seperti pada artikel kami sebelumnya, wordpress terdiri dari dua jenis yaitu WordPress Instal (WordPress.org) dan WordPress Instan (WordPress.com), saya tidak akan menjelaskan lagi pengertian dari jenis-jenis wordpress tersebut karena sudah di jelaskan pada artikel sebelumnya.

Baca juga : Cara Membuat Blog Gratis di Wordpress.com

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang cara Install Wordpress pada hosting Cpanel, dalam pembahasan kali ini saya akan membahas tentang cara melakukan instalasi WordPress pada cPanel melalui Auto Installer Softaculous. Fitur Softaculous tersedia di Halaman Cpanel Hosting anda, tentunya jika anda sudah mendaftar layanan domain dan hosting.

Hal-hal Yang Dibutuhkan Sebelum Install WordPress

Sebelum memulai install wordpress pada hosting, maka hal yang pertama anda lakukan adalah mempunyai domain dan hosting. Hosting atau web hosting adalah tempatnya website anda ditaruh. Semua file-file yang berhubungan dengan website ditaruh dihosting.Sedangkan domain adalah alamatnya. Ada banyak penyedia layanan domain dan Hosting yang dapat anda pilih, salah satu penyedia yang biasa saia pakai yaitu IDwebhost.
Setelah anda mendaftar domain dan hosting dan telah melakukan pembayaran, selanjutnya akan mendapatakan email berisi akun anda dan akan diarahkan login ke hosting cpanel anda.

Cara Install WordPress di Hosting Menggunakan Softaculous

Berikut langkah-langkah install Wordpress dengan Firtur Softaculous :

  1. Buka cpanel anda dengan web browser lalu ketikan nama domain anda, contoh namadomain.com/cpanel, masukan username dan pasword yang sudah anda dapatkan dari pihak hosting. 
  2. Cari aplikasi bernama Softaculous Apps Installer, lihat contoh pada gambar dibawah ini 

  3. Pilih Wordpress Lalu Klik Install 

  4. Masukkan data-data yang diperlukan seperti nama domain, nama blog, deskripsi, admin user name, dan admin password, untuk kolom lainnya biarkan saja default. Petunjuk silahkan lihat gambar dibawah ini. 

  5. Jangan lupa untuk menyimpan data penting WP admin seperti username dan password untuk login. Periksa kembali data yang kita masukkan, bila sudah yakin klik Install. Tunggu proses installasinya, biasanya hanya beberapa detik saja. 
  6. Anda akan melihat pesan bahwa WordPress Anda berhasil di install setelah proses instalasi selesai. Anda juga akan diberikan url untuk mengakses website WordPress Anda dan juga link untuk login ke admin area WordPress.
  7. Setelah instalasi selesai, langkah selanjutnya adalah mengecek Halaman admin Wordpress kita dengan mengetikkan namadomain.com/wp-admin di browser, lalu masukkan user name dan password yang sudah dibuat tadi untuk login.
Demikian penjelasan dari saya, dan semogao tutorial instalasi WordPress ini membantu Anda belajar cara menginstal WordPress dengan mudah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Cara Install WordPress di Hosting cPanel "

Post a Comment