Tutorial Wordpress : Mengenal Fungsi Menu Pada Dashboard


Mengenal Fungsi  Menu Dashboard Wordpress

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang fungsi Dashboard atau halaman admin dari wordpress. Dashboard merupakan tempat pengelolahan website untuk admin dalam mengelolah content, tampilan, widget, dan lainya. Pada Dashboard wordpress terdapat beberapa menu, di bawah ini adalah fungsi menu-menu di dashboard wordpresss.
Untuk membuka Dasboard anda bisa mengkasesnya dengan mengetikan nama domain dan menambahkan /wp-admin atau /wp-login.php seperti contoh
http://namadomain.com/wp-admin
Selanjutnya anda akan diminta memasukan Username dan Password anda, Setelah masuk anda akan melihat Dasbor WordPress.
Dashboard WordPress  memiliki beberapa menu utama standar dan berbeda-beda, tergantung pada plugin yang telah Anda instal dan diaktifkan.
Fungsi Menu-menu Dashboard Wordpres
Berikut adalah Penjelasan Fungsi dari Menu yang ada Pada Dashboard Wordpress :

Dashboard : Dashboard Wordpress memiliki beberapa pilihan submenu yang berbeda-beda tergantung pada plugin yang telah Anda instal dan diaktifkan.
Posts : Digunakan untuk mengatur Sebuah Postingan Artikel, terdapat beberapa Submenu diantaranya
All Post untuk menampilkan daftar postingan artikel yang telah dibuat baik itu yang sudah diposting atau masih dipending.
Add New digunakan untuk membuat dan posting artikel baru.
Categories digunakan untuk membuat sebuah kategori artikel. Dengan adanya kategori ini artikel dapat dikelompokkan berdasarkan kategori yang telah dibuat.
Tags digunakan sebagai kata kunci. Ini dapat mempermudah mesin pencari melakukan pencarian terhadap artikel.
Media : Menu ini digunakan menyimpan file-file yang telah kita upload, baik itu berupa gambar, audio, dan video.
Pages : Menulis dan mempublikasikan halaman statis baru untuk website Anda, dan mengedit atau menghapus halaman sebelumnya.
Comments : Melihat komentar yang ada di website / blog anda,  dan juga bisa mengedit, atau menghapusnya.
Appearance : Berfungsi Sebagai menu untuk mengedit tampilan blog anda. Menu ini berisi daftar Template atau theme yang ada di website / blog anda. Menambahkan widget di sidebar ataupun mengedit file-file theme anda secara langsung.
Plugins :  Menu Plugisn ini hanya ada di wordpress yang install, dan tidak ada di wordpres yang anda buat dengan gratis (wordpress.com) Berfungsi melihat daftar plugin yang terpasang di situs WordPress Anda. Pada menu ini anda bisa menambahkan Plugin baru, Mengaktifkan atau menonaktifkan dan juga bisa menghapus Plugin yang tidak terpakai.
Users : Meni ini berisi daftar user yang bergabung di website / blog anda. Ada beberapa tingkat user yang disediakan wordpress secara default, yaitu Administrator, Editor, Author, Contributors, Subcriber.
Tools : Menu Tools ini berfungsi untuk melakukan ekspor atau impor konten dari dan ke sistem wordpress.
Settings : Pada menu terdapat beberapa Pengaturan atau konfigurasi dari Website / blog anda diantaranya, konfigurasi tanggal dan waktu, Permalink url, Lokasi upload file (media library), RSS dan sebagainya. Ada Juga beberapa plugin juga menggunakan submenu di bawah menu Setting untuk meletakkan shortcut konfigurasinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Wordpress : Mengenal Fungsi Menu Pada Dashboard"

Post a Comment