Panduan Cara Membuat Blog Gratis lengkap Gambar untukPemula

Pengertian Apa itu Blog ?

cara membuat blog

Jika anda sebagai pemula yangingin mendalami dunia blog, kemunginan besar anda masih bingung dan belum tau apa itu blog.

Blog pada dasarnya merupakan bagian dari situs website yang dapat diakses secara online yang memiliki fungsi utama memuat tulisan-tulisan dan gambar (dimuat dalam posting) pada setiap halaman web, dan dibuat sesuai jenis tema dari pengguna blog tersebut.

Blog pada saat ini sangat populer karena manfaatnya yang begitu besar, ada yang menggunakan hanya sebagai catatan sehari – hari dan ada pula yang menjadi mata pencarian.

Blogging (aktifitas pengelolaan blog) juga merupakan sebuah hobi yang saat ini mulai dikenal oleh netizen diawal internet bisa digunakan khalayak ramai. Blogging awalnya hanya sebagai sebuah catatan secara online, namun, seiring waktu blogging berubah menjadi media untuk berpenghasilan.

Pada kesempatan ini saya akan meberikan beberapa langkah sederhana dan mudah khususnya bagi pemula untuk membuat sebuah blog yang keren dan menarik. Baik itu blog untuk pribadi maupun blog yang  bertujuan untuk menghasilkan pundi – pundi uang secara online.

Bagaimana Cara Membuat Blog Gratis dari Blogger

Sebenarnya ada banya sekali platform yang dapat digunakan untuk membuat blog dengan gratis seperti Tumblr, Weebly, Blogging.com, blogdetik, dll. Namun saat ini yang sangat populer dialangan kita ada dua yaitu Wordpress dan Blogger. Namun pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana membuat Blog menggunakan platform dari google yaitu Blogger.

Langkah pertama sebelum membuat blog gratis adalah masuk ke blogger.com dengan menggunakan email dari pihak Gmail.
Apabila Anda belum memiliki email, silahkan klik Buat Akun.

langkah 1 membuat blog

Langkah kedua membuat blog adalah dengan membuat akun profil sebagai seorang blogger. Untuk cara membuat blog dengan cepat Anda hanya perlu mengklik tombol buat profil blogger terbatas. Lalu, lanjut ke langkah cara membuat blog berikutnya.

langkah 2 membuat blog

Langkah ketiga adalah mulai membuat blog yang perlu Anda lakukan, yakni mengklik tombol blog baru pada bagian bawah dari halaman website, yang saya beri tanda panah.

langkah 3 membuat blog

Langkah keempat adalah mengisi judul dan alamat blog Anda, serta memilih template pertama yang hendak digunakan.

langkah 4 membuat blog

Isikan Sesuai Penjelasan dibawah ini :

Judul : diisi sesuai dengan topik blog Anda. Judul dari blog sebaiknya berkaitan dengan isi dari blog Anda nantinya. Jika blog merupakan blog pribadi Anda dapat mengisi judul dengan nama Anda. Jika untuk sebuah blog yang menghasilkan sebaiknya judul diisi dengan keyword yang ditargetkan.

Alamat : diisi dengan url dari blog Anda nantinya, misalnya namaanda.blogspot.com, example.blogspot.com, blogbisnis.blogspot.com, katamutiara.blogspot.com, dll. Alamat juga dapat diisi dengan nama Anda atau berupa suatu keyword. Jika nama yang diinginkan telah digunakan, cobalah untuk memilih lain.

Hindarilah pemberian nama menggunakan kata sambung (-) dan nama yang terlalu panjang. Idealnya sebuah url hanya terdiri dari dua atau tiga kata.

Untuk template Anda dapat memilih beberapa template default yang disediakan oleh blogger. Nantinya apabila blog Anda telah jadi Anda tetap bisa merubah template tersebut dengan mudah sesuai dengan yang diinginkan.

Apabila telah ada tanda centang pada setiap komponen Anda, silahkan Anda klik buat blog untuk lanjut ke langkah berikutnya.

Langkah kelima adalah menghias dan memulai membuat postingan sebuah konten pada blog Anda. Apabila langkah kelima ini telah terpenuhi, berarti blog Anda telah jadi 100%. Langkah – langkah berikutnya adalah merubah template dan mulai menghias blog Anda. Setelah itu mulailah menaruh tulisan Anda pada blog tersebut.

langkah 5 membuat blog

Itulah beberapa langkah sederhana bagaimana membuat sebuah blog profesional dengan platform gratis di blogger. semoga bermanfaat terutama bagi pembula yang akan membuat blog dengan blogger.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Cara Membuat Blog Gratis lengkap Gambar untukPemula"

Post a Comment